PERULANGAN (Looping) dan Contoh Program Code Block “C++”

Assalamualaikum WR.WB

1. Pernyataan While

perulangan while merupakan intuksi perulangan yang mirip dengan perulangan for. Bentuk perulangan while dikendalikan oleh syarat tertentu, yaitu perulangan akan terus dilaksanakan selama syarat tersebut terpenuhi.
Secara umum, bentuk perulangan while adalah sbb:

while (kondisi)
{
Pernyataan ;
}

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kondisi while pengujian kondisi dilakukan pada awal, sehingga apabila kondisi bernilai salah maka pernyataan tidak akan dijalankan sama sekali.


Latihan 1
INPUTNYA :


OUTPUTNYA :

2. Pernyataan Do… While

Digunakan untuk menjalankan suatu pernyataan lalu diuji apakah kondisi sudah bernilai benar, tapi jika bernilai salah maka pernyataan tidak dijalankan. Pada dasarnya perulangan do….while sama saja dengan perulangan while, hanya saja pada proses perulangan dengan while, seleksi berada di while yang letaknya di atas sementara pada perulangan do….while, seleksi while berada di bawah batas perulangan. Jadi dengan menggunakan struktur do…while sekurang-kurangnya akan terjadi satu kali perulangan.

do
{
pernyataan ;
} while(kondisi);
Seperti yang telah dijelaskan bahwa perulangan do while pengujian kondisi dilakukan pada akhir perulangan sehingga secara otomatis pernyataan masih akan dijalankan satu kali meskipun kondisi perulangan bernilai salah.

 Latihan 2

 INPUTNYA :

 

OUTPUTNYA :



  

3. Pernyataan For

Pernyataan for digunakan untuk menghasilkan pengulangan(looping) beberapa kali tanpa penggunaan kondisi apapun. Pada umumnya looping yang dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya.
Pernyataan for digunakan untuk melakukan looping. Pada umumnya looping yang dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya. Selama kondisi terpenuhi, maka pernyataan akan terus dieksekusi.
Bentuk Umum :
for (inisialisasi ; kondisi ; perubahan)
{
statement;
}
Ket :
Inisialisasi >>  keadaan kondisi awal perulangan
Kondisi >> syarat dari perulangan berhenti, dimana bila bernilai true maka perulangan berhenti
Perubahan >> kontrol yang mengatur perulangan berdasarkan nilai dari variabel kondisi

 Latihan 3

 INPUTNYA :


 

OUTPUTNYA :

 

 Latihan 4

 INPUTNYA :

 

OUTPUTNYA :

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS FLOWCHART & PROGRAM CODE BLOCK

Fungsi String