Sejara Bahasa C++

Assalamualaikum WR.WB
Sebelum membahas lebih jauh tentang Pemrograman C++, ada baiknya kita tahu tentang sejarah terciptannya pemrograman ini. Dalam penciptaannya C ++ tidak lepas dari bahasa C sebagai bahasa pendahulunya, yang dapat diartikan sebagai bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program dalam bentuk sejumlah blok, pemrograman yang dapat dikatakan berada antara bahasa beraras rendah (bahasa yang berorientasi kepada mesin) dan bahasa beraras tinggi (bahasa yang berorientasi pada manusia)

Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ricthie pada tahun 1972 yang merupakan pelopor atau pencipta pemrograman C ini, dengan tujuan untuk memudahkan dalam pembuatan dan pemgembangan sebuah program. Acuan standarisasi bahasa C yaitu ANSI (American National Standard Institute). Satu  dekade setelah pemrograman bahasa C muncul bahasa C++ yang di ciptakan oleh Bjarne Strowstup, Laboratorium Bell, AT & T pada tahun 1983. Pada mulanya C++ di beri nama (a better c), kemudian berganti nama C++ oleh Rick Masciti tahun 1983, tanda ++ berasal dari nama operator penaikan dari bahasa C.

Bahasa C sangat kompatibel di berbagai mesin mulai dari PC hingga mainframe, serta pada pelbagai sistem operasi (DOS, UNIX, VMS). Keunggulan bahasa C++ adalah mampu mendukung pemrograman berorientasi obyek (PBO) /OPP (Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan program C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Greg Perry dimana pada tahun 1993 mengungkapkan program C++ dapat meningkatkan produktivitas pemrogram lebih dari 2X di bandingkan bahasa prosedural C, Pascal, atau BASIC hal ini dibuktikan dengan code C++ yang mudah di ingat, juga anda harus bisa pandai dalam memahami karakteristik C++.
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Dasar atau basic dari PBO (Pemrograman Berorientasi Obyek) adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi satu kesatuan unit. Unit ini di kenal dengan obyek (object). Object bisa kita ibaratkan seperti perusahaan-perusahaan, departemen-departemen seperti : penjualan, akunting, personalia.

Karakteristik PBO (Pemrograman Berbasis Obyek)

Encapsulation
Inheritance
Polymorphism
Tiga karakter di atas mendukung reusability yang merupakan faktor dari kualitas perangkat lunak.
Relisability adalah Suatu sifat yang memperkenalkan kelas yang dibuat dan di uji dapat didistibusikan ke pemrograman lain untuk di pakai pada program-program mereka.

Kompiler C++
Saat ini banyak kompiler C++ yang beredar dan di pasarkan sebagai contoh Micrososft Corporation, sebagai perusahaan perangkat lunak yang mahsyur, dengan produk kompiler C++ beruapa "Microsoft C/C++ dan Visual C++". Adapun Borland International, yang sangat populer dengan "TURBO PASCAL" diantarannya "TURBO C++ DAN BORLAND C++".
» contoh program C++ :

Anda dapat menyimpan program tersebut dengan nama PRG_1.CPP. Jika program di kompilasi atau di eksekusi maka hasilnya :
Penjelasan :
Fungsi main ( )
Program C++ tidak lepas dari fugsi, sebab fungsi adalah salah satu dasar penyusun blok pada C++
Sebuah programminimal mengandung fungsi yaitu main ( ).
Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.
Tanda ( )
Untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan di lewatkan ke fungsi, pada fungsi main
tidak ada argumen maka tidak ada entri di dalam ( )
Tanda {
Pada fungsi main ( ) (awal fungsi) menyatakan awal eksekusi program
} di gunakan untuk mengakhiri eksekusi.
Void
Di gunakan untuk menyatukan bahwa fungsi ini tidak memiliki nilai balik


Kelebihan Bahasa Pemrograman C++
Jika Anda membutuhkan bahasa yang mampu menangani berbagai macam pengembangan aplikasi dalam skala besar, C++ dapat menjadi pilihan bahasa untuk dipelajari. Meskipun berbeda dengan PhytonJavaJavaScript, maupun Ruby yang menawarkan kemudahan untuk dipelajari, kelebihan bahasa pemrograman C++ menawarkan tenaga yang luar biasa untuk bisa diandalkan
Oleh karena itu, bagi orang yang sedang belajar bahasa pemrograman di tingkat lanjutan, bahasa ini sangat disarankan untuk dipelajari.
Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada tahun 1983 oleh Bjarne Stroustrup. Bahasa ini dikembangkan dengan beberapa peningkatan dari bahasa pemrograman C. Bahasa ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya saat dipelajari.
Bahasa pemrograman C++ menawarkan berbagai macam kegunaan dalam pengembangan berbagai macam produk. Salah satunya, bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak atau software.
Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk membangun sebuah mesin pencari. Developer juga dapat memanfaatkan bahasa pemrograman C++ untuk membuat sistem operasi baru. Tidak hanya itu, bahasa pemrograman ini dapat dimanfaatkan untuk membuat video game.
Meskipun susah untuk dipelajari dan memiliki angka kompleksitas yang sangat tinggi, bahasa ini sangat populer di kalangan perusahaan teknologi informasi. Bahkan, raksasa teknologi Google pun membangun platformnya dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Tidak hanya itu, layanan Outlook juga dibangun dengan berdasarkan bahasa pemrograman C++. Kepopuleran ini tentu disebabkan oleh kelebihan bahasa pemrograman C++ itu sendiri.
Di mata banyak developer, orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membuat kodedengan bahasa pemrograman C++ akan dipandang sangat berbeda. Orang-orang yang belajar sampai mahir bahasa pemrograman C++ akan memperoleh apresiasi yang sangat mendalam. Orang tersebut akan dipadang lebih, karena tahu bagaimana cara menggunakan bahasa pemrograman ke dalam hal yang berkaitan dengan manajemen memori.
Kelebihan bahasa pemrograman C++ ini tentu akan menjadi salah satu faktor yang dapat digunakan untuk menentukan bahasa apa yang tepat untuk dipelajari. Dengan belajar pemrograman ini, kamu akan dipandang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan kebanyakan pembuat program di dunia kerja. Siapa lagi yang tidak ingin mendapatkan peluang lebih ini?
Bahasa pemrograman C++ ini merupakan bahasa pemrograman yang memiliki kapabilitas yang sangat baik. Dengan menggunakan kelebihan bahasa pemrograman C++ ini, para developer dapat mengatur dengan sangat baik aplikasi yang sedang dikembangkannya. Para developer juga akan mendapatkan seluruh tenaga yang dimiliki oleh komputer jika menggunakan bahasa pemrograman ini.
Bahasa pemrograman ini menawarkan kemampuan yang sangat menarik untuk dimanfaatkan. Siapa pun dapat mengembangkan apapun dengan bahasa pemrograman ini, dan tentu mendapatkan setelan yang baik untuk apa yang sedang dikembangkannya. Oleh karena itu, kemampuan yang dimiliki oleh bahasa ini membuat bahasa ini menarik untuk dipelajari.
Kelebihan bahasa pemrograman C++ yang terakhir adalah dukungan terhadap berbagai macam platform yang berkembang di dunia. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang sangat portable, sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk seluruh perangkat yang menjalankan sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman ini mendukung pengembangan AndroidAppleWindows, dan Blackberry.
Kelebihan ini tentu dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin belajar bahasa pemrograman yang tidak terkotakkan dalam satu platform saja. Orang-orang yang belajar bahasa pemrograman C++ akan dapat mengembangkan aplikasi tanpa perlu terbatasi oleh jenis perangkat ataupun platform yang diusung oleh perangkat tersebut.

Kelebihan bahasa C++ :
a. Bahasa C++ tersedia hampir di semua jenis computer
b. Kode bahasa C++ dengan portabilitas dan fleksibiitas yang tinggi untuk semua jenis computer
c. Bahasa C++ hanya menyediakan sedikit kata – kata kunci (hanya terdapat 48 kata kunci)
d. Proses eksekusi program bahasa C++ lebih cepat.
Dengan demikian, aplikasi yang dibuat dengan bahasa C++ akan menjadi aplikasi yang efisien dan kompetitif
e. Dukungan pustaka fungsi dan kelas yang banyak sehingga memungkinkan pembuatan aplikasi makro
f. C++ adalah bahasa yang terstruktur, dengan demikian akan lebih mendukung OOP
g. Bahasa C++ termasuk bahasa tingkat menengah dan lebih dekat dengan bahasa mesin
h. Kode program bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan kembali pada project lain dengan hanya menggunakan library dan file header
i. C++ dapat membuat aplikasi graphic processor berkualitas tinggi

Kekurangan Bahasa Pemrograman C++

 

·         C++ tidak murni OOP sehingga kurang cocok untuk mengajarkan Konsep OOP karena kaidah-kaidah OOP dapat dilanggar. Dan di C++ ada konsep pointer yang sangat membingunkan, ini salah satu alasan mengapa C++ menjadi sesuatu yg paling tidak disukai.
·         C++ walapun tidak terpengaruh oleh Sistem Operasi tetapi tool untuk developmentnya harus spesific pada salah satu sistem operasi contoh Visual Studio hanya dapat berjalan di Windows. Alasan ini juga nantinya akan dapat menurunkan minat terhadap sistem operasi yang lain contohnya Linux. Apabila dalam praktiknya menggunakan Visual Studio maka otomatis akan menggunakannya juga dan pada akhirnya malas untuk mencoba sistem operasi yang lain.
·         Implementasi C++ dalam teknologi IT pada saat sekarang sudah sangat sedikit sekali.
·         Sulitnya untuk membuat sesuatu dengan C++ sehingga kepeminatannya dalam memperdalam programming akhirnya harus kandas, kecuali dengan inisiatif sendiri mempelajari bahasa/teknologi lain

  Berikut source codenya :
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    cout << "Hello Guys" << endl;
    cout << "Nama    : Dian Komalasari" << endl;
    cout << "TTL        : Bekasi,03 Juli 1997" << endl;
    cout << "Zodiak   :Cancer" << endl;
    cout << "Alamat  :Jl.Poncol jaya RT:002/019 No.46" << endl;
    cout << "Agama   :Islam" << endl;
    cout << "Hobi       : Berenang,Shopping"<< endl;
    return 0;
}
Berikut Contoh Output nya :



.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS FLOWCHART & PROGRAM CODE BLOCK

PERULANGAN (Looping) dan Contoh Program Code Block “C++”

Fungsi String